Gaya Hidup

10 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh Kita

Spread the love

Senam irama adalah jenis olahraga yang melibatkan keanggunan dan menari. Kegiatan ini dipadukan dengan koordinasi luar biasa dan fleksibilitas. Dalam pelaksanaannya, biasanya peserta senam irama terus menerus bergerak memakai alat tangan, tali, bola, pita maupun tongkat.

Hal ini disesuaikan dengan gerakan dan musik jadi bisa menghasilkan gerakan dan ekspresi yang anggun. Senam irama sangat cocok dilakukan secara individu dari berbagai usia dan lebih baik jika dimulai sejak dini. Senam irama memiliki estetika dan manfaat kesehatan yang luar biasa.

10 Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan

10 manfaat senam irama bagi kesehatan tubuh Anda secara umum adalah :

  1. Jadi lebih kuat

Senam irama menjadikan Anda lebih kuat karena banyak menggunakan otot selama melakukan senam yang satu ini. Seiring waktu, otot akan mendapatkan banyak massa dan definisi. Gerakan senam yang sebelumnya terasa sulit seiring berjalannya waktu akan terasa mudah dilakukan.

Saat stamina dan kekuatan terbangun, Anda bisa melakukan latihan dengan durasi lebih lama dan dengan beban yang lebih berat. Manfaat senam irama yang dilakukan terus menerus akan mengurangi risiko ketegangan otot maupun punggung. Termasuk di dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menganggap benda-benda atau barang yang cukup berat.

  1. Fleksibilitas

Fleksibilitas merupakan salah satu bagian paling utama di dalam senam ini. Fleksibilitas yang baik dapat membantu tubuh untuk memperbaiki otot lebih cepat dan bisa mengurangi risiko cedera. Pada saat melakukan peregangan, penting sekali untuk mengetahui caranya dengan benar.

Dengan mempelajari gerakan mana yang perlu dilakukan berdasarkan dengan faktor-faktor, seperti melodi musik, berat badan dan poin bisa mendapatkan hasil yang baik.

  1. Baik bagi perkembangan otak

Saat melakukan senam irama, gerakan yang dilakukan akan melihatkan koordinasi antara pikiran serta tubuh Anda. Nah, ini merupakan stimulus sensorik yang baik untuk pembelajaran aktif pada otak.

Aktif secara fisik bisa meningkatkan kapasitas dan retensi belajar. Pengulangan, keseimbangan serta koordinasi yang diperlukan untuk olahraga ini bisa meningkatkan pemahaman. Dengan begitu, melakukan senam irama baik bagi perkembangan otak dan terlebih lagi jika sudah dipelajari sedini mungkin.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Senam irama juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang. Ada satu hal yang harus diperhatikan ialah terlepas dari usia dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menguasai olahraga satu ini. Gerakan sederhana pada senam irama bisa menciptakan pola yang indah.

Nah, dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk merasa lebih baik dan bangga terhadap diri sendiri. Jika sudah bisa menguasai tekniknya dapat menimbulkan rasa percaya diri.

  1. Meningkatkan koordinasi

Di senam irama, peserta belajar mengendalikan emosi dan memungkinkan bagi mereka untuk membuat keputusan dengan cepat dan tenang. Mereka yang mengikuti senam irama bisa dengan tenang mengarahkan gerakan dan menjaga keseimbangan dalam satu waktu di posisi tertentu sehingga secara tidak sadar Anda akan menerapkan koordinasi yang baik.

Nah, karena terbiasa kondisikan dan melatih tubuh dengan otak jadi secara alami akan menerapkan keterampilan ini di luar pelatihan atau olahraga senam irama. Itulah sebabnya mereka bisa menerapkan koordinasi yang baik di dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Selain bisa meningkatkan koordinasi, namun juga konsentrasi sehingga Anda harus mencoba senam irama. Setiap gerakan pada senam irama harus dipikirkan terlebih dahulu sehingga peserta harus konsentrasi.

Hal ini hampir sama dengan permainan catur karena otak akan dilatih untuk mengingat rutinitas yang berbeda. Nah, semua ini akan dilakukan di bawah waktu yang sudah ditetapkan secara spesifik jadi bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan konsentrasi pada seseorang.

  1. Meningkatkan kemampuan musikal

Senam irama mirip dengan menarik arena harus mengkoordinasi gerak dengan musik supaya selaras. Tentu saja bukan sekedar mendengarkan, namun peserta akan melibatkan emosi dan ekspresi. Supaya semua gerakan dapat dilakukan dengan baik dan selaras harus memakai seluruh indera, penuh penjiwaan untuk menyerap emosi musik serta menampilkan pada gerakan.

Itulah sebabnya senam irama termasuk bisa mengasah kemampuan musikal pada anak dengan cara berlatih feeling, kemampuan indera otomatis bisa menunjukkan gerakan yang luar biasa.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Senam irama dapat meningkatkan kesehatan tulang karena dalam latihannya akan menahan beban membantu tulang tetap pada kondisi yang baik dan bisa mengurangi kerapuhan pada usia tua. Jadi, melakukan olahraga ini bisa menahan beban sejak muda untuk membantu melindungi kepadatan tulang dan juga mencegah gangguan tulang yang bisa berkembang di usia tua nantinya.

  1. Kerja sama tim

Agar bisa menghasilkan senam irama yang indah, peserta harus bekerja sama dengan yang lainnya. Setidaknya dengan teman atau pelatih yang mengajarkan senam ini untuk mengoreksi gerakannya. Ada 2 jenis tari yang melibatkan lebih dari satu peserta senam di setiap penampilan pada suatu acara.

  1. Inklusivitas

Manfaat senam irama yang terakhir adalah bisa membantu mengambil peran di sisi inklusivitas. Anda bisa berkarya tanpa ada batasannya, baik secara gender atau padangan kelompok tertentu. Siapa saja bisa melakukan senam irama dan tidak yang lebih dari satu dari yang lainnya.

Tentu saja senam irama termasuk olahraga yang bisa dicoba oleh laki-laki atau perempuan. Bahkan siapa saja bisa mengikuti ajang kompetisi senam ini dimana saja.

Seperti itulah 10 contoh manfaat senam irama bagi tubuh Anda yang bisa bikin hidup lebih sehat dan bahagia.

Comments Off on 10 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh Kita