Wisata

5 Destinasi Wisata Alam di Bangka Belitung

Spread the love

Bangka Belitung merupakan salah satu kawasan wisata di Indonesia yang menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Khususnya adalah wisata alam bahari yang adai di Bangka Belitung begitu indah. Perairan Bangka Belitung terkenal sangat jernih dan ini jadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Pemandangan baharinya juga tidak perlu diragukan lagi sehingga jadi magnet tersendiri bagi para wisatawan asing maupun lokal. Ada banyak destinasi wisata alam di Bangka Belitung yang menarik perhatian wisatawan. Destinasi wisata yang tersedia juga tidak hanya wisata alam saja namun ada wisata budaya hingga buatan. Berikut ini adalah 5 daftar destinasi wisata alam Bangka Belitung paling populer dan memesona.

Daftar 5 Destinasi Wisata Alam Bangka Belitung Paling Memesona

Daftar 5 destinasi wisata alam di Bangka Belitung yang paling memesona dan wajib Anda kunjungi adalah :

  1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas berlokasi di Jl Hayati Mahim No. 36, Pangkal Lalang, Tanjung Pandang, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini adalah satu-satunya ikon wisata yang terdapat di Bangka Belitung. Ada hal yang menarik saat Anda berkunjung ke Pulau Lengkuas ini, yaitu adanya menara mercusuar yang berdiri begitu megah dan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Menara ini dahulunya digunakan oleh petani untuk sistem navigasi dan dari atas menara pengunjung bisa melihat panorama laut lepas yang begitu indah. Tidak hanya menara mercusuarnya saja yang cukup menarik, namun untuk berkunjung ke sana memiliki pesona alam bawah laut yang sangat indah dan memukau.

Tidak heran banyak wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat biota laut yang ada di sana. Tidak jauh dari bibir pantai juga ada bebatuan granit yang akan menambah kesan eksotis pantainya. Anda bisa mengambil foto di sekitar bebatuan granit karena sangat indah.

  1. Pulau Memperak

Pulau Memperak berlokasi di Kabupaten Belitung Timur atau lebih tepatnya berada di kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini dikenal dengan keheningannya sebab belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Pulau Memperak menyuguhkan perairan yang jernih dengan warna kebiru-biruan dan pasir putih yang lembut.

Pemandangan alam yang ada di sekitar pulau ini sangat menyegarkan mata sehingga bisa menjernihkan pikiran Anda. Perairannya sangat jernih seperti kaca sehingga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya. Wisatawan bisa melakukan kegiatan snorkeling atau berenang sebab ombaknya terbilang kecil dan aman untuk melakukan sejumlah aktivitas di sana.

Pulau ini juga jadi tempat bertelurnya para penyu sehingga wisatawan bisa melihat keberadaan penyu kecil yang ada di hamparan pasir. Bagi pengunjung yang berada di sana harus berhati-hati dan selalu jaga kebersihan supaya penyu-penyu dapat berkembang biak dengan baik.

  1. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk merupakan pantai yang eksotis sehingga wajib dikunjungi saat berada di Bangka Belitung. Pantai satu ini berada di Belinyu, Bangka Utara, Kepulauan Bangka Belitung. Perairan di Pantai Penyusuk juga sangat jernih dan ditambah dengan adanya bebatuan granit yang sudah jadi ciri khas di setiap pantai yang ada di Bangka Belitung.

Menariknya lagi, Pantai Penyusuk ini mempunyai bebatuan granit yang paling banyak diantara pantai-pantai lainnya yang ada di Bangka Belitung. Hampir 70% pantai satu ini tertutup oleh bebatuan granit sehingga akan menambah kesan yang lebih indah dan eksotis.

  1. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri memiliki kisah yang cukup unik dibalik penamaannya. Konon dulunya banyak nelayan yang mendapatkan ikan tenggiri di pesisir pantainya sehingga Pantai Tenggiri jadi sebuah nama dari pantai yang indah dan eksotis ini. Lokasi pantainya berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat., Bangka.

Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah dengan bebatuan granit dan air laut yang begitu jernih dengan warna biru muda. Di sekitar pantainya juga ada banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi sehingga memberikan kesan teduh. Wisatawan bisa bersantai di pinggir pantai dengan pemandangan yang begitu indah.

Wisatawan juga dapat berjalan menyusuri pesisir pantai saat di Pantai Parai Tenggiri ini. Pasalnya pasir putih yang ada di pantai ini mempunyai tekstur yang cukup lembut seperti tepung. Wisatawan akan merasa nyaman berjalan di sepanjang pesisir pantai dengan pasir lembut sambil melihat keindahan pantainya yang biru.

Ombak di pantai ini juga relatif kecil sehingga Anda bisa bermain di pinggiran pantai dan melakukan aktivitas lainnya, seperti snorkeling dan berenang untuk melihat keindahan di bawah lautnya.

  1. Taman Hutan Raya Gunung Menumbing

Taman Hutan Raya Gunung Menumbing juga bisa jadi pilihan destinasi berikutnya bagi Anda yang bosan dengan pantai. Taman hutan ini berada di Bangka Belitung dan menjadi destinasi wisata alternatif menarik lainnya yang wajib dikunjungi. Anda bisa mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Menumbing untuk melihat keindahan alamnya.

Tahura Bukit Menumbing termasuk kawasan wisata alam dan juga sejarah yang bisa memberikan edukasi bagi wisatawan selain berfungsi sebagai Taman Hutan Raya. Taman hutan ini dahulunya jadi tempat pengasingan Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno di zaman penjajahan Belanda.

Tempat wisata ini juga cocok bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan healing untuk menghilangkan kepenatan dan hiruk pikuk di kota. Tempat ini juga menjadi spot khusus untuk melihat pemandangan hutan dan hiruk pikuk Kota Bangka Belitung dari ketinggian.

Demikian informasi daftar 5 destinasi wisata alam di Bangka Belitung yang paling memesona sehingga wajib Anda kunjungi.

Comments Off on 5 Destinasi Wisata Alam di Bangka Belitung