Info & Tips

Cara Buat Anak Kamu Nyaman Untuk Curhat

Spread the love

Hubungan antara orang tua dan anak itu seharusnya bisa cukup baik, sehingga anak itu akan bisa nyaman untuk curhat dengan orang tua. Bahkan salah satu indikasi parenting yang berhasil pada anak itu adalah ketika sang anak itu memang cukup nyaman untuk curhat dengan orang tuanya. Jadi anak itu bisa cerita apa saja ke orang tuanya, bukan malah cerita dengan orang luar yang mungkin masih asing.

Kondisi seperti itu sebenarnya cukup berbahaya terutama di era pergaulan seperti sekarang ini ya, karena sangat beresiko bagi anak. Ada banyak sekali tindak kejahatan seperti penipuan dan lain sebagainya yang tidak terkontrol dan bisa membahayakan anak. Jadi membuat anak itu bisa curhat dan bercerita tentang apa saja kepada orang tua itu adalah hal yang sangat penting loh.

Banyak sekali orang tua yang menginginkan anak mereka bisa nyaman curhat dengan mereka, tapi tidak melakukan cara yang benar. Lebih tepatnya masih banyak orang tua yang tidak mengerti dan memahami mengenai cara yang tepat untuk membuat anak-anak mereka bisa bercerita ke mereka. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan untuk bisa membuat anak nyaman bercerita.

Selalu Santai Ketika Anak Bercerita

Salah satu hal yang harus kalian biasakan pada saat anak bercerita adalah dengan selalu berusaha santai saat anak bercerita. Bagaimana kalian menanggapi cerita anak ini akan sangat mempengaruhi apakah anak akan bercerita lagi ke kalian atau tidak. Jadi kalian itu harus berupaya selalu santai untuk mendengar cerita dari anak, apa pun ceritanya baik negatif atau positif.

Pada posisi ini orang tua memang dituntut untuk bisa mengendalikan emosi, supaya nantinya anak akan bisa nyaman bercerita. Usahakan jangan terlalu cepat emosi ketika mendengar cerita yang negatif dari anak, karena ini yang memang sulit. Orang tua yang mudah naik emosinya saat mendengar cerita itu akan membuat anak ketakutan dan tidak akan bercerita lagi.

Langkah ini pada dasarnya untuk membangun kenyamanan pada anak dan meyakinkan kalau dirinya bisa bercerita apa saja. Jadi nantinya anak akan mau untuk menceritakan apa pun yang terjadi pada orang tuanya dan orang tua menjadi tempat curhat utama bagi anak.

Menjadi Pendengar Yang Baik Bagi Anak

Tips yang kedua adalah orang tua itu harus menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak mereka dan memperhatikan setiap ceritanya. Semua cerita yang diceritakan oleh anak itu sebenarnya penting untuk orang tua, jadi jangan pernah sepelekan cerita dari anak. Orang tua harus mau mendengarkan cerita dari anak dengan penuh perhatian dan juga menyimak dengan baik.

Menjadi pendengar yang baik itu akan membuat anak merasa dihargai oleh orang tua mereka, dan akhirnya mau terus bercerita. Setiap orang pada dasarnya sama yakni ingin dihargai, jadi orang tua pun harus menghargai anak mereka saat bercerita. Dengarkan dengan baik dan perhatikan ceritanya menjadi salah satu tindakan sederhana namun efektif membuat anak nyaman dan merasa dihargai.

Berusaha Menjadi Open Minded Dan Mengikuti Zaman

Tips yang ketiga adalah orang tua itu harus berupaya untuk menjadi open minded atau terbuka untuk berbagai pemikiran baru. Banyak sekali orang tua yang bisa dibilang masih cukup kolot dan tidak mau menerima pemikiran baru yang mungkin juga tidak terlalu buruk. Usahakan juga untuk orang tua itu bisa mengikuti perkembangan zaman saat ini, supaya bisa mengikuti pola pikir anak.

Untuk bisa membuat anak nyaman bercerita tentunya orang tua itu harus memiliki pola pikir yang berkembang dan juga terbuka. Jadi pandangan mengenai cerita anak itu bukan lagi berdasarkan pandangan jaman dahulu saat orang tua masih kecil. Hal ini terkadang akhirnya menjadi ajang adu nasib yang membuat anak pun jadi tidak nyaman untuk bercerita pada orang tua mereka.

Tidak Menghakimi Dan Juga Mengatur

Tips yang keempat adalah sebaiknya tidak menghakimi ketika anak sedang bercerita, tapi dengarkan saja terlebih dahulu. Jangan pula orang tua itu mengatur anak setelah mendengarkan cerita tersebut, karena sudah pasti anak tidak akan mau menurutinya. Semakin banyak mengatur bahkan sampai menghakimi, sudah pasti akan membuat anak pun jadi tidak bisa nyaman bercerita pada kalian.

Memberikan solusi bukan aturan dan memberikan masukan bukan memerintah, itulah yang harus dilakukan orang tua. Ini akan membuat anak semakin nyaman dan tahu kalau orang tua mereka bisa diandalkan untuk menjadi tempat curhat.

Membiasakan Anak Untuk Bercerita Sedari Kecil

Tips yang terakhir adalah biasakan sedari kecil kalian beri perhatian dengan menanyakan beberapa hal yang terjadi satu harian. Itu akan membuat anak terbiasa bercerita dengan kalian kalau kalian bisa menjadi tempat curhat yang terbaik.

Comments Off on Cara Buat Anak Kamu Nyaman Untuk Curhat