Kesehatan

Konsumsi 2 Cangkir Anggur Bisa Perpanjang Umur?

Spread the love

Sumber makanan utuh, seperti sayuran, buah-buahan serta makanan non-olahan lainnya memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Berdasarkan dari studi yang diterbitkan di jurnal Foods menunjukkan jika mengonsumsi anggur dapat memberikan dampak signifikan bagi kesehatan dan juga moralitas. Penelitian ini menunjukkan jika komsumsi 2 cangkir anggur per hari dapat menurunkan penyakit hati dan memperpanjang umur pada tikus yang digunakan sebagai penelitian.

Penyakit hati berlemak bisa menyebabkan sirosis hati dan juga kanker hati. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker adalah penyakit paling mematikan dan sering terjadi pada masyarakat saat ini. Menurut hasil studi, ternyata anggur mempunyai peran cukup penting untuk mengurangi risiko penyakit hati berlemak dan gejala lainnya yang berkaitan.

Anggur merupakan buah yang mudah dijumpai di sejumlah tempat dan memiliki bermacam jenis. Anggur juga bisa dibuat menjadi aneka makanan dan minuman, seperti selai, jus, dijadikan fermentasi dan lainnya. Anggur adalah buah yang kaya akan vitamin C sehingga sangat baik untuk kesehatan, khususnya meningkatkan imunitas dalam tubuh Anda.

Anda tidak akan mudah terserang penyakit jika mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin C. Nah, berdasarkan dari penelitian di atas konsumsi anggur 2 cangkir bisa memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan, khususnya adalah kesehatan hati dan bisa memperpanjang umur.

Di bawah ini ada beberapa fakta menarik mengenai konsumsi anggur 2 cangkir setiap hari yang perlu Anda pahami. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan anggur dengan baik bagi kesehatan.

Fakta Menarik Konsumsi Anggur 2 Cangkir Sehari

Nah, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi anggur 2 cangkir setiap hari dan fakta menarik lainnya :

  • Anggur dan Mikrobioma dalam Tubuh

Mikrobioma di usus merupakan aspek yang penting di dalam kesehatan. Hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan secara menyeluruh dari fungsi organ vital termasuk salah satunya otak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan jika mengonsumsi anggur memberikan efek signifikan pada mikrobioma tikus penelitian.

Dilihat di sisi nutrigenomik, mengonsumsi anggur menunjukkan adanya perubahan respons fisiologis. Para peneliti mengkonfirmasi adanya perubahan pada pola metabolit hati dan urine sesuai metabolik massa gas yang diteliti. Apalagi konsumsi anggur bisa memprogram metabolisme mikrobiota usus, melemahkan stres oksidatif hati karena diet tinggi lemak dan juga memanfaatkan glukosa oleh hati untuk memproduksi energi di dalam tubuh.

Namun, melakukan penelitian lebih lanjut harus diperlukan supaya bisa memastikan apakah efek kesehatan anggur dapat direproduksi ke manusia. Sebelumnya hanya menggunakan tikus penelitian untuk melihat hasilnya.

  • Mengonsumsi Buah Anggur dan Kesehatan

Berdasarkan studi di atas bisa menunjukkan adanya respons positif secara keseluruhan dan dapat memperpanjang umur. Apalagi sistem pertahanan tubuh bisa meningkat sehingga bisa mencegah atau menunda penyakit hati berlemak. Penyakit satu ini diperkirakan mempengaruhi 25% populasi dan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup fatal.

Selain itu, dari penelitian tersebut ditemukan bahwa siapa saja dapat berpotensi memperoleh manfaat dengan mengonsumsi anggur lebih banyak, terlepas dari program diet atau pola makan yang dimiliki oleh seseorang. Mekanisme yang dipakai pada studi ini terbukti dapat dimediasi oleh anggur dan bisa digeneralisasi untuk memberi dampak kesehatan yang baik.

Anggur kaya akan vitamin C dan mengandung kadar gula yang tinggi, namun ternyata aman juga dikonsumsi bagi penderita diabetes. Gula yang terkandung di dalam anggur bukan gula tambahan sehingga aman. Namun tentunya harus memperhitungkan asupan karbohidrat harian selama konsumsi jenis buah-buahan seperti ini, khususnya bagi penderita diabetes.

  • Tetap Menerapkan Pola Hidup Sehat

Apabila dilihat secara menyeluruh, para ahli mengingatkan bahwa temuan yang satu ini tidak serta merta untuk menghilangkan semua masalah kesehatan yang ada. Lemak yang tinggi, tidak bisa dimitigasi sepenuhnya hanya dengan mengonsumsi 2 cangkir anggur saja per hari. Korelasi antara metabolisme tubuh dan risiko kematian adalah hal yang cukup kompleks.

Hasil dari penelitian tersebut tentu saja perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat dan olahraga secara rutin. Temuan ini bisa memberikan pemahaman yang jauh lebih detail mengenai pola makan dan hubungannya dengan tubuh. Konsumsi dua cangkir anggur setiap hari cukup terbukti bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Khususnya adalah mencegah penyakit hati berlemak dan temuan ini bisa jadi awal yang baik untuk memahami efek nutrisi angguh dengan kesehatan hati. Jangan lupa untuk senantiasa menjalankan pola makan dan olahraga setiap hari atau secara rutin. Hal ini tidak akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan apabila tidak dibarengi dengan olahraga.

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan setiap hari dan diimbangi dengan konsumsi makanan yang bergizi. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti begadang, makan makanan siap saji, merokok dan lainnya karena bisa menyebabkan berbagai masalah penyakit berbahaya.

Demikian penjelasan mengenai fakta menarik mengenai konsumsi 2 cangkir anggur bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan dan memperpanjang umur.

Comments Off on Konsumsi 2 Cangkir Anggur Bisa Perpanjang Umur?