Wisata

5 Bangunan Arsitektur Bersejarah di Belgia

Spread the love

Belgia merupakan ibukota Brussel juga sebuah negara yang berada di barat Benua Eropa. Belgia sangat terkenal dengan cokelatnya dan juga beberapa tempat lainnya, seperti museum terkenal di dunia dan pusat perdagangan berlian yang cukup populer di dunia. Belgia adalah negara yang cukup kaya dengan pemandangan yang menakjubkan sehingga sering dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.

Nah, menariknya lagi di Belgia ada bangunan yang mempunyai gaya arsitektur Gotik dan sangat bersejarah. Wisatawan bisa mengunjungi ke beberapa bangunan atau tempat bersejarah tersebut. Nah, di bawah ini adalah sederet bangunan-bangunan yang mempunyai arsitektur bersejarah menarik di Belgia yang perlu Anda ketahui.

5 Bangunan Arsitektur Bersejarah di Belgia

Bagi yang belum pernah mengunjungi Belgia, tentu akan bingung untuk mencari beberapa spot-spot wisata yang cukup ikonik di negara tersebut. Salah satu spot yang tidak boleh sampai terlewat yaitu dengan melihat bangunan arsitektur yang bersejarah di Belgia. Berikut ini ada lima bangunan dengan arsitektur bersejarah yang sekaligus menjadi ikon wisata Belgia di mata wisatawan dunia :

  1. Bangunan Katedral Bunda Maria

Gereja ini memiliki arsitektur gotik, yaitu The Cathedral of Our Lady ini dibangun di sekitar tahun 1353 hingga 1533. Berdasarkan sejarahnya, bangunan gereja satu ini menjadi pengganti Gereja Romawi yang sudah didirikan sebelum di masa itu. Luas bangunannya adalah memiliki tinggi menara bagian utara 405 kaki dengan bangunan yang luas dan megah.

Keunikan dari bangunan ini adalah dengan gaya arsitektur yang klasik menyatu dengan harmonis di bawah lapisan kapus pada Katedral. Lentera bulat yang ada di bagian atas penyebrangan membuatnya semakin indah dengan cahaya yang dipancarkan. Sebagian dekorasi bangunan ini telah dimusnahkan oleh Protestan Ikonklasik di pertengahan abad yang ke-16.

Arsitektur klasik di bangunan ini adalah rangkaian dari lukisan Peter Paul Rubens, mulai perubahan bangunannya dan termasuk di ukiran bagian utama dengan bentuk arsitektur Neo-Ghotic di awal abad yang ke-20. Pada bangunan ini juga ada menara lonceng yang tercatat pada daftar warisan Dunia UNESCO

  1. Stasiun Kereta Api di Anrewrp

Antwerp merupakan kota pelabuhan dan di bahasa Belanda adalah Antwerpen atau Anvers di bahasa Perancis. Kota ini mempunyai bangunan klasik yang bersejarah ialah stasiun kereta api tua yang sangat indah. Antwerp adalah salah satu kota yang cukup dikenal sebagai penghasil berlian dan jadi pusat perdagangannya di dunia yang paling ramai.

Arsitektur yang dimiliki di bangunan stasiun ini mempunyai kemegahan dan sangat mengesankan yang ada di Eropa. Pengoperasian pertama di awal tahun 1836 merupakan jalur pertamanya dari Antwerp menuju ke Mechelen, Malines di Belgia. Bangunannya terbuat dari marmer dan dekorasinya sangat merah dengan arsitektur Neo-Raissance.

Dekorasinya dirancang oleh seorang arsitektur yang bernama Lous De La Censerie dan sebelumnya terinspirasi dari sebuah stasiun kereta api Lurence yang berada di Swiss dan Pantheoin, Roma. Ada sebuah tangga yang bagus serta kubah atas yang besar dan juga berpusat di jam sehingga semakin terlihat megah dan unik. Bangunan kereta api ini mulai resmi buka di sekitar tahun 1905 dan pada tahun 1998 pembangunan stasiun ini dilanjutkan kembali.

  1. Atomium di Brussels

Atomium merupakan sebuah pemandangan yang cukup spektakuler saat Anda mengunjungi dan melihat pada pernak pernik bola baja yang ada di sana. Salah satu Landmark Brussels di Belgia yang sangat unik ini berlapis baja dengan tinggi 335 kaki atau sekitar 101 m dan jadi cakrawala kota. Bangunan Atomium ini mewakili atom-atom dari kristal besi dengan diperbesar 165 miliar kali lipat sehingga terlihat lebih jelas.

  1. Balai Kota Brussels

Balai Kota ini lokasinya berada alun-alun Grand Palace dan telah ada sejak di abad ke-13. Bangunan ini adalah salah satu bangunan dengan gaya gotik dan sangat menakjubkan yang ada di dunia. Anda bisa menemukan hal yang luar biasa di kota Brussels, Belgia, mulai dari cokelatnya yang terkenal dan sangat lezat hingga manneken pis yang ikonik.

Dengan memiliki arsitektur gotik brabantine, bangunan iniĀ  berpusat menghadap ke alun-alun serta berpusat di bagian menara lonceng yang cukup besar dengan tinggi 315 kaki. Di lantai dasarnya adalah pintu utama di bangunan ini.

Desain dari semua bangunan ini termasuk yang menara lonceng lebih kecil posisinya sering dikaitkan dengan seorang arsitektur yang bernama Jacob Van Thienen yang asalnya dari awal tahun 1400an. Kemudian perluasan bangunan Balai Kota ini dimulai pada tahun 1444.

  1. Palace of Justice Brussels

Istana Keadilan ini merupakan bangunan besar dengan gaya akletik yang dibangun pada tahun 1866 hingga 1883. Tentu Belgia jadi tempat pemandangan bersejarah dengan arsitektur pada abad pertengahan dan termasuk salah satunya adalah bangunan satu ini. Bangunan ini dibangun oleh arsitek yang bernama Joseph Poelaert di pada ke-19 dan bangunan ini merupakan bangunan paling besar di dunia.

Bangunannya memiliki tinggi sekitar 344 kaki dan mempunyai bagian bawah 525 x 492 kaki. Di dalamnya terdapat 8 halaman, yaitu 27 ruangan persidangan besar serta memiliki 245 kamar mandi. Istana ini terlihat begitu besar sebab dibangun di bagian atas bukit dan sebelumnya adalah lokasi yang dikenal sebagai tempat Lapangan Tiang Gantung yaitu tempatnya penjahat-penjahat dieksekusi.

Itulah tadi 5 bangunan arsitektur bersejarah di Belgia yang wajib Anda ketahui.

Comments Off on 5 Bangunan Arsitektur Bersejarah di Belgia